Mengapa kita harus memilih bekerja sama dengan beberapa influencer? Hayo kenapa coba??
Dalam memasarkan suatu produk, knapa kita harus memilih
bekerja sama dengan seorang influencer karena……?????
Satu
à karena si Influencer mampu
memberikan akses kepada kelompok besar yang di target secara khusus oleh si
brand tersebut.
Dua
à Si influencer mampu menciptakan
konten yang sesuai dengan kelompok dan dengan target yang sudah di tentukan
oleh si brand. btw, Mudeng ora gaes ambek kalimatku? :’(
Tiga
à si influencer mampu
menciptakan kredibilitas yang cukup tinggi, setinggi impianku untuk menjadi
presiden dahulu kala, ahheeeeyyy :’D
Dilakukannya kerjasama dengan cara menggandeng influencer untuk
mempromosikan suatu produk, aku rasa itu lebih efektif daripada mempromosikan
produk menggunakan papan iklan yang besar di jalan raya tanpa ada interaksi
apapun, meneng koyok patung ges…. Ancenen seeh patung hahahaha,
sehingga akan memberikan hasil yang dapat memenuhi target jika promosi & publikasi
di lakukan dengan benar dan di tangani oleh orang yang tepat.
Ada 5 tips nih guys untuk brand yang mau bekerja sama dengan influencer,
di baca pelan-pelan yaaa gaes…. Maklum tulisan ane masi berantakan, sama kalimatnya juga acak-acakan hihks :’)
Yang pertama à Jadikan influencer untuk brand dalam jangka panjang, karena orang-orang lebih menyukai dan mempercayai influencer yang konsisten dan membangun personal branding bersama satu brand saja, daripada influencer yang dimana-mana menyebut setiap brand itu adalah sama.Intinya cari influencer yang bisa d ajakin untuk menjadi brand ambassador brand tersebut gaes, bukan influencer yang hanya sekedar mengendorse sekali lalu hilang di telan zaman hihihi
Yang kedua
à Pilih
influencer sesuai dengan target dan tujuan brand, caranya lakukanlah riset
terlebih dahulu sebelum menentukan siapa influencer yang akan menjadi brand ambassador
dari produk tersebut.
Maksudnya gini gaes, sebelum menentukan siapa
influencer yang bakalan km pilih,biar pas dengan apa brand km dan targetnya
siapa, langkah Pertamanya kita bisa melakukan riset dengan cara membaca blog sang
influencer tersebut, mengikuti social medinya, atau hal semacamnya yang berhubungan
untuk menemukan influencer terbaik yang
cocok untuk brand tersebut,cari informasi datanya sebanyak mungkin, sebelum
menentukan pilihan jodoh, eeeh kok jodoh siiih :’) hihk…..
selanjutnya barulah mulai menghubungi dan mendiskusikan tujuan kampanye brand
kita.
Yang
ketiga à
gaes….. Gunakanlah influencer sebagai bagian dari keseluruhan perjalanan
pelanggan
Dalam artian gaes, influencerlah yang
seharusnya mendampingi pelanggan dan menjadi sebagian dari keseluruhan
perjalanan pelanggan, mulai dari pengetahuan tentang produknya, pemasaran &
penjualan produknya, hingga keputusan pembelian si pelanggan.
Yang
keempat à Story-telling
adalah kata kunci untuk memasarkan produk gaes
Butuh keahlian inluencer yang hebat bin ajaib
untuk menceritakan produk yang di pasarkan dengan gaya khas mereka, untuk
menjaring pelanggan masuk & terlibat dalam dunia cerita mereka. Ingat, bukan masuk dalam dunia percintaan si
influencer ya gaes ;’)
* Catatan nih gaes, di kutip dari berbagai informasi yang di dapat di dunia maya hihihihi *
Temukan
influencer yang mempunyai gaya bercerita yang khas untuk memperluas jangkauan,
hal ini sekaligus membantu jika ingin membuat content bersama dengan hasil yang
baik.
Yang
kelima à Influencer
dapat membantu memenuhi kebutuhan strategi digital.
Kolaborasi SEO & Link Building dengan
influencer untuk menguasai topic tertentu yang di target dengan cara kerjasama content
placement. Menggunakan kalimat-kalimat spesifik gaes, agar nantinya ketika si
konsumen ingin mencari produk dengan kata kunci yang sudah di tentukan, maka
produk anda akan menguasai topic tertentu yang sudah menjadi target konsumen di
dalam mesin pencari google.
Haduuuuh gaes…. Sudah bener buat merangkai kata-katanya gaes….
Namanya juga berusaha ya, semoga aja tulisan ane ada yang baca hihks hihks
hihks….. :’)
Oiya, satu lagi gaes, ada tips dari bang Deddy Avianto
ihihihi
Dalam sebuah kampanye, usahakan kita melibatkan 10-20
influencer, dikarenakan untuk menghidupkan kampanye tersebut, cara ini
bertujuan untuk mengarahkan kepada influencer supaya mereka mengobrol di suatu
kolom komentar, jadi kita harus mengatur jatah upload mereka (influencer),
misalkan hari ini ada 5 influencer, kemudian kita atur siapa yang melempar topic
lalu siapa yang akan nyaut-nyautin(komen). Agar cara ini bekerja dengan maksimal,
biasanya yang memiliki follower lebih kecil itu yang akan memulai terlebih
dahulu(melempar topic). Lalu influencer
yang memiliki follower banyak akan menyaut. Begitu seterusnya.
Huft, akhirnya selesai juga gaes….
Semoga bermanfaat yaa gaes, dan semoga bisa mendapatkan
pahala dari secuil ilmu tentang dunia marketing ini hihihihi
Terima kasih
Salam J
Komentar
Posting Komentar