Langsung ke konten utama

Apa sih perbedaan PMO (Project Management Office) dan SIMO (Strategic Initiative Management Office)


PMO adalah singkatan dari Project Management Office, Sedangkan SIMO adalah singkatan dari  Strategic Initiative Management Office. Perbedaan keduanya terletak pada objek yang di kelola.
PMO mengelola project
SIMO mengelola Strategic Initiative. 

Keduanya sama-sama memerlukan penunjukan penanggung jawab, untuk PMO ditunjuk untuk penanggung jawab yang biasa kita sebut sebagai Project Manager. Sedangkan untuk SIMO di tunjuk untuk penanggung jawab yang biasanya kita sebut Senior Manager atau SPV.
Keduanya juga memfasilitasi pertemuan berkala untuk membahasa kemajuan, untuk PMO tentu saja untuk membahasa kemajuan Project, sedangkan SIMO membahasa kemajuan Strategic Initiative.
Untuk project memiliki constraint scope, budget & time, sedangkasn Strategic Initiative memiliki time sebagai constraint utamanya
Khusus SIMO, melakukan validasi hubungan sebab akibat antara Strategic Initiative  dengan pemenuhan target dari indikator kinerja terkait. 
Contoh apabila ada strategic initiative berupa e-learning yang bertujuan meningkatkan kompetensi keryawan, maka perlu di validasi apakah benar telah terjadi peningkatan kompetensi setelah terealisasinya e-learning.

Fungsi PMO secara ringkas bisa di gambarkan sebagai berikut :
-          Input : Project charter & Project Management Plan
-          Proses : Pertemuan berkala dengan Project Team
-          Output : Project Update Status, Exception Report/RFC bila terjadi Red Status

Fungsi SIMO secara ringkas digambarkan sebagai berikut :
-          Input : Strategic Initiative Corporate
-          Proses : Dilakukan pertemuan berkala dengan penanggung jawab Strategic Initiative (Regular Meetings)
-          Output : Laporan kemajuan Strategic Initiative, hasil indikator kinerja, Action Plan terhadap Strategic Initiative yang mengalamai keterlambatan.


demikian penjelasan perbedaan singkat tentang Project Management Office & Strategic Initiative Management Office

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Influencer? Kenapa? Kenapa Harus Memilih Influencer?

Mengapa kita harus memilih bekerja sama dengan beberapa influencer? Hayo kenapa coba?? Dalam memasarkan suatu produk, knapa kita harus memilih bekerja sama dengan seorang influencer karena……????? Satu à karena si Influencer mampu memberikan akses kepada kelompok besar yang di target secara khusus oleh si brand tersebut. Dua à Si influencer mampu menciptakan konten yang sesuai dengan kelompok dan dengan target yang sudah di tentukan oleh si brand. btw, Mudeng ora gaes ambek kalimatku? :’( Tiga à si influencer mampu menciptakan kredibilitas yang cukup tinggi, setinggi impianku untuk menjadi presiden dahulu kala, ahheeeeyyy :’D Dilakukannya kerjasama   dengan cara menggandeng influencer untuk mempromosikan suatu produk, aku rasa itu lebih efektif daripada mempromosikan produk menggunakan papan iklan yang besar di jalan raya tanpa ada interaksi apapun, meneng koyok patung ges…. Ancenen seeh patung hahahaha , sehingga akan memberikan hasil yang dapat memenuhi target jik